Kegunaan Kertas Koran Bekas

Kegunaan Koran Bekas Yang Perlu Anda Ketahui

Koran merupakan barang paling cepat menjadi barang bekas atau tidak lagi digunakan daripada barang lainnya. Tiap pagi pastinya akan dicari-cari, namun sore atau besoknya sudah menjadi tumpukan kertas saja, lalu digantikan oleh koran edisi baru. Untuk orang yang berlangganan, tentunya tumpukan koran akan
semakin banyak dari hari ke hari hingga memakan tempat untuk menyimpannya.

Dan umumnya jika koran bekas ini menumpuk sudah pasti akan dijual ke tukang loak. Walaupun harganya murah tapi setidaknya rumah akan lebih rapih dan lapang. Sebenarnya selain dijual dengan harga yang murah, koran bekas ini mempunyai beberapa manfaat yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan kita.

Dimulai dari membersihkan kaca meja tamu atau kaca jendela sampai menghasilkan sebuah karya seni, berikut ini beberapa keggunaan koran bekas yang bermanfaat.

  • Membersihkan Kaca

Anda bisa menghemat uang untuk membeli pembersih kaca jika anda mempunyai koran bekas. Caranya basahi kertas koran ini dengan sedikit air, kemudian gunakan untuk membersihkan kaca. Gosok lagi kaca tadi dengan kertas koran kering untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Namun cara ini hanya bisa digunakan untuk membersihkan kaca saja bukan untuk bahan yang lain. Karena bisa saja tinta koran menempel pada pemukaan benda atau barang yang dibersihkan.

  • Melapisi Rak Lemari

Anda bisa menggunakan koran bekas untuk melapisi lemari pakaian, kabinet atau rak perabotan Anda. Dan pastinya harga Koran lebih murah dibandingkan dengan pelapis khusus serta mudah mengantinya.

  • Membungkus Barang Pecah Belah

Koran bisa mengantikan fungsi bubble warp jika anda tidak memilikinya. Pada saat anda mengemas kotak berisi barang mudah pecah, yang harus anda lakukan adalah bungkus setiap barang dengan koran. Lalu letakkan dalam kotak, kemudian sisipkan beberapa gumpalan koran untuk memberikan jarak antar barang. Terakhir sebelum menutupnya penuhi kotak dengan beberapa gumpalan koran bekas. Maka sekarang barang Anda lebih aman sampai tujuan.

  • Membunuh Rumput Kebun

Jika anda mempunyai taman kecil dan rumput liar ini menjadi masalah, caranya mudah cukup tutup semua permukaan tanah dengan koran kemudian siram dengan air. Setelah itu anda bisa menutupi koran tadi menggunakan kompos. Koran ini membuat mati dan menjadi bahan organik yang membuat pertumbuhan tanaman semakin baik.

  • Bubur Koran

Dulu, pada saat anda masih sekolah pasti pernah diberikan tugas kerajinan untuk membuat patung yang berbahan dasar kertas koran dan lem. Caranya kertas koran ini dibuat menjadi bubur kertas lalu di beri lem kemudian dibentuk.

  • Pemicu Api

Serti sudah anda ketahui kertas mudah terbakar begitu juga dengan kertas koran sehingga bisa dipergunakan untuk membantu membuat api unggun, membakar sampah atau arang pembakaran.

  • Menjaga Bentuk Barang

Anda bisa menggunakan gumpalan kertas koran untuk menjaga bentuk sepatu maupun tas anda agar bentuk tetap terjaga dan bagus. Caranya masukkan gumpalan koran hingga penuh.

  • Melapisi Tempat Buah dan Sayur

Letakkan kertas koran dibagian bawah laci lemari es bagian buah dan sayur, koran ini berfungsi untuk menyerap bau di dalam lemari es anda.

  • Mematangkan Tomat

Jika anda membeli tomat dan belum matang, bungkuslah tomat tadi dengan kertas koran dan simpan dalam kotak lalu tutp rapat. Maka tomat akan maatang dengan warna merah yang sempurna. Anda bisa menggunakan cara ini untuk buah-buahan yang lain juga.

  • Pelapis Taplak Meja

Agar taplak meja tidak bergeser atau lepas anda bisa meletakkan beberapa lembar kertas koran bekas sebelum meletakkan kain taplak mejanya dan hal ini juga berguna untuk mencegah kerusakan meja.